23 April 2019

BOY: Blog Oom Yahya

ROG Zephyrus Baru Lagi dari ASUS

ROG Zephyrus Baru – ASUS ini energinya benar-benar tak ada habisnya. Kayaknya belum lama ini ASUS merilis laptop, sekarang sudah merilis laptop lagi. Kali ini yang dirilis adalah lini laptop gaming terbaru yang menggunakan prosesor Intel Core generasi ke-9 dan chip grafis NVIDIA GeForce GTX 1660Ti. Intel Core 9th Gen …

Travel Diary of Lenny Lim

Bukit Khayangan : Negeri Di Atas Awan!

Butuh waktu 40 menit setidaknya untuk melajukan mobil dari Sungai Penuh, Kerinci hingga tiba di sebuah tempat yang dipercaya sebagai kediaman para putri khayangan yang teramat jelita. Konon inilah yang membuat bukit ini dinamakan dengan Bukit Khayangan, tempat di mana pengunjung dijanjikan untuk mendapat pengalaman mencicipi sekepal tanah surga… tanpa …

Padepokan Budi Rahardjo

Menghadapi Orang Kalah dan Marah

Kalah itu tidak menyenangkan. Tidak ada orang yang senang kalau kalah. Kalau kalah pasti kesel. Maunya marah-marah. Nah bagaimana menghadapi orang yang kalah dan marah ini? Misalnya Anda bermain sepak bola. Tim Anda menang (dan tentunya tim satunya kalah). Apa yang Anda lakukan? Melakukan selebrasi sah-sah saja, tetapi kalau berlebihan? …

Travel Diary of Lenny Lim

Shy Bowel Syndrome

Baca : Malu Malu Kucing Kalau Bukan di Toilet Sendiri WARNING : Bisa menyebabkan mual dan pikiran macam – macam. Read on your own risk! Enggak mengada – ada loh. Ini beneran ada kasusnya dan rekam medisnya. SBS (Shy Bowel Syndrome) atau bahasa medisnya Parcopresis adalah perasaan malu ketika harus …

Travel Diary of Lenny Lim

3 Pantai Indah di Pulau Semau

Pulau Semau adalah salah satu pulau terdekat dari Kupang, Nusa Tenggara Timur. Namun, boleh jadi pulau ini malah terkesan jauh dan jarang ada yang mengunjungi. Ntah karena mistis dan gaibnya yang dipercaya masih kental di pulau ini sehingga orang takut mengunjunginya. Selain itu pulau ini memang minim fasilitas, tapi tak …

22 April 2019

Adham Somantrie

Plantronics BackBeat GO 410

Kali ini saya berkesempatan untuk menguji headset bluetooth dari Plantronics yakni BackBeat GO 410. Belakangan, memang penggunaan earphone nirkabel seakan menjadi trend. Terlebih dengan hilangnya port audio 3.5mm pada banyak smartphone terbaru.Tampaknya, Plantronics BackBeat GO 410 ini memang diciptakan untuk menjawab kebutuhan pengguna smartphone yang ingin menggunakan earphone nirkabel untuk …

Travel Diary of Lenny Lim

Alian Butterfly Park di Kebumen

Ingin merasakan dikelilingi ratusan kupu kupu dan menengok langsung kehidupan si makhluk cantik ini? Ayuk ke Alian Butterfly Park yang ada di Kebumen. Lokasi wisata ini baru buka juli tahun 2015 sehingga antusiasme warga masih sangat tinggi. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan pemandian air panas Krakal di kecamatan Alian, …

21 April 2019

Padepokan Budi Rahardjo

Pemilu Yang Dapat Diverifikasi

Mari kita bahas tentang electronic voting (e-voting). Perkembangan teknologi informasi memungkinkan kita untuk melakukan berbagai aktivitas secara elektronik. Demikian pula, pemilihan umum akan dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi teknologi informasi. Tinggal tunggu waktu saja. Salah satu masalah yang mengganjal mengapa orang-orang belum mau menggunakan e-voting adalah masalah keamanannya (security). Ternyata …

Travel Diary of Lenny Lim

Economy vs Business Class

Saya ingat dulu kecil, naik pesawat adalah hal yang keren. Tidak semua orang mampu. Hanya orang orang terpilih saja yang bisa kayak yang punya pohon duit misalnya. Sekarang, naik pesawat sudah begitu lumrahnya sehingga agak mengurangi excitement yang ada. Belum lagi dipengaruhi oleh sikap penumpang yang terkadang nyebelin, maskapai yang …

Travel Diary of Lenny Lim

Pembuatan Paspor di Jambi

Saya panik. 1 bulan tepat sebelum pasporku akan expired, saya mendapatkan pekerjaan baru, sebut saja reporter jalan jalan di Jakarta. Mungkin saja kan nantinya saya diutus ke luar negeri? Saya makin panik. Waktu itu saya masih berdomisili di Jambi dan minggu depannya akan pindah ke Jakarta. Pengalaman sebelum belumnya membuat …

SEDIKIT CERITA UNTUK KENANGAN

Lima yang Wajib Saat ke Bali Kali Pertama

Sudah pernah ke Bali? Destinasi liburan paling populer di dunia menurut TripAdvisor ini punya banyak spot menarik untuk dikunjungi. Berikut beberapa rekomendasi lokasi wisata yang bisa dikunjungi jika dalam waktu dekat kamu merencanakan perjalanan pertama ke Bali. Tiap tempat akan memberikan pengalaman yang berbeda. Untuk menikmati semuanya tanpa terburu-buru, baiknya …

20 April 2019

Thomas Arie Setiawan

WordPress’ Gutenberg New Editor. Yes or No?

I have been using Gutenberg on this site once it was available last year. I have been witnessing how WordPress changed its editor time to time. From its very simple editor, more complex, to the latest one. WordPress’ Matt already posted a very long Q&A on Gutenberg. I think the …

Travel Diary of Lenny Lim

Bakso Pak Din Yang Terenak Se-Jambi

Setelah merilis juara tekwan model se-jambi raya, maka kali ini aku mau umumin abang bakso terenak. Sebenarnya aku tuh kalau makan bakso suka yang banyak tepung (iya emang aneh!) dan harus polos alias enggak urat. Dulu ada satu tempat makan bakso dari SMP hingga aku tua begini, masih kumakanin. Namanya …

Travel Diary of Lenny Lim

Jejak Peradaban Nias Barat di Situs Megalitik Hiligoe

Siapa yang doyan belajar sejarah? cung!!! Aku ngerasa, semakin tua, aku semakin bisa lebih menikmati sejarah, masa lalu, kenanganmu dan cerita-cerita lampau. Entah yah… mungkin itulah sebabnya aku suka susah move on juga. #eh Padahal dulu zaman sekolah, ada mata pelajaran sejarah, bawaannya nguap mulu. Belum lagi dicekoki begitu banyak …

Padepokan Budi Rahardjo

Data Entry Pemilu 1999

Mumpung sedang ramai dibahas tentang “lambatnya” data masuk dari hasil Pemilu 2019 ini, saya ingin cerita pengalaman 20 tahun yang lalu. Iya, 20 tahun yang lalu ketika Pemilu 1999. Mungkin banyak yang belum lahir ya tahun segitu? Pada tahun 1999, komputer dan internet akan digunakan sebagai bagian dari penyampaian informasi …

19 April 2019

iKurniawan

Asyiknya Layanan Bus Bandara Di Traveloka

Kamu pernah terburu-buru ke Bandara untuk mengejar jadwal pesawat? Saya baru saja mengalaminya menjelang libur Pemilihan Umum 2019 lalu. Karena masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan sebelum cuti, jadi saya akhirnya memilih penerbangan malam. Rencananya, saya akan izin pulang lebih awal lalu mencari alternatif transport ke bandara yang paling cepat. …

Travel Diary of Lenny Lim

Met A Space Pod: Hostel Unik Dengan Desain Futuristik

Hal pertama yang aku lakukan setelah membeli tiket pesawat, adalah mulai mikir, “enaknya tinggal di mana?” Ketika jalan-jalan, kalau bisa, aku selalu nyari tempat nginep yang unik, yang lucu, tapi tentu saja nyaman. Jadi pas jalan-jalan ke Singapura kemarin, sesuai dengan isi kantong, maka aku nginepnya di hostel. Lalu ku …

Padepokan Budi Rahardjo

Pentingnya Web KPU Bagi Kita Semua

Belakangan ini ada banyak opini, ajakan, tulisan yang salah. Ajakannya adalah untuk merusak web KPU. Wah ini salah sekali. Lebih salah dari salah. Begini … Pertama – dan yang paling utama – adalah hasil pemilihan umum yang resmi adalah hasil perhitungan secara manual. Titik. Itu dulu yang kita pegang. Hasil …

18 April 2019

Travel Diary of Lenny Lim

Nginang Pakai Kantong Sirih Bola Nafo

Jalan menuju ke Nias Barat terutama Desa Lolowa’u sungguh menguji kesabaran dan…pantat. Jalannya berliku-liku seperti kata Ninja Hatori “Mendaki gunung, lewati lembah…” meski duduknya di mobil yang empuk cuma yah tetap tergoncang-gancing dan kudu pegangan. Kabarnya di antara semua tempat di Nias, bagian barat emang jalannya yang paling parah. Hm …

Travel Diary of Lenny Lim

Melihat Singapura dari ION Sky

Singapura itu negara yang kecil. Beneran deh.. masih gedean pulau Batam. Kalau kita naik MRT dari ujung ke ujung yah mungkin habis 2/3 jam saja. Untuk bisa ngelihat betapa kecil namun indah dan modernnya singapura, cara terbaik adalah lihat dari atas. Kalau belom punya kantong mumpuni buat nginep di hotel …

Travel Diary of Lenny Lim

Hikayat Lompat Batu di Bawomataluo Nias

Sebelum ke Nias, aku buta sama sekali tentang pulau terluar di barat Indonesia ini yang kadang gak keliatan gambarnya di peta. Yang kutahu dari Nias hanyalah seputar lompat batunya yang tercetak di mata uang seribu rupiah jadul. Biasanya gambar ini kupandangi lekat-lekat sebelum kujajani mpek-mpek. Karena letaknya di Sumatera Utara, …

17 April 2019