matripost!

Bierpinsel

Menara nyentrik berbentuk seperti kuas ini disebut dengan Bierpinsel (kuas bir), yang entah kenapa disebut seperti itu.

Berdiri menjulang setinggi 47 meter di area Steglitz, bangunan ini dulunya adalah restoran yang menawarkan pemandangan kota dari atas.

Arsitek Ursulan dan Ralph Schuler merancang bangunan yang dibangun pada 1976 ini.

Awalnya berbentuk seperti pohon, namun berujung pada konsep futuristik sekaligus brutal, karena desainnya seperti mendobrak pakem-pakem arsitektur.

Kini gedung ini kosong, dan pada tahun 2010, beberapa artis seperti Honest dan Soyzone Gonzales menjadikan gedung ini sebagai media seni pop-art ala jalanan khas Berlin.

Pada film seri Dogs of Berlin yang dirilis di Netflix pada tahun 2018, gedung ini diset menjadi markas Kepolisian Berlin.

21 Dec 2020 52.466,13.328
Kepada Heryani Syafitri (Eya) di Kota Bandung,

Guten Tag, Kak Eya, dan salam kenal!

Berlin selain terkenal dengan sejarahnya, juga terkenal dengan seni jalanannya.

Jangan heran jika di setiap sudut Berlin pasti ada saja coretan atau mural yang terpampang di tembok dan seringkali lokasi mural ini sungguh ajaib.

Jika diperhatikan pada foto ini, tulisan HERTHA, tim sepak bola Berlin, Hertha BSC, tertulis di atas jembatan yang entah bagaimana bisa tertulis di sana.

Juga di Bierpinsel ini, yang menjadi salah satu ikon seni pop-art di Schloßstraße, Steglitz, yang merupakan area pusat belanja terbesar kedua di Berlin Barat.

Meski bukan salah satu lokasi turistik, namun menara ini menjadi salah satu destinasi menarik terutama yang menyukai seni pop-art dan arsitektur.

Jika suatu saat berkunjung ke Berlin dan ingin ke tempat ini, Bierpinsel bisa dicapai dengan mudah menggunakan kereta U-bahn U9 atau bus, turun di stasiun atau halte bus Schloßstraße.

15 Mar 2021 Belum Diterima

Prangko Flockenblume

Prangko bergambar Flockenblume (Centaurea dealbata) ini diterbitkan pada 1 Juli 2019 ini dirancang oleh desainer Stefan Klein dan Olaf Neumann yang berasal dari Iserlohn.

Bunga sejenis aster ini tumbuh di alam liar terutama di padang rumput dan lereng berbatu hingga ketinggian 2.400 meter.

Orang Eropa menyukai kecantikan bunga ini, dan kadang bunga ini ditanam di pot atau di pekarangan rumah.