matripost!

Monumen Gereja Kaiser Wilhelm

Monumen Gereja Kaiser Wilhelm, atau Kaiser-Wilhelm-Gedächtniskirche merupakan bangunan gereja Kristen Protestan yang dibangun pada tahun 1890 atas inisiatif Kaiser Wilhelm II.

Bangunan gereja ini hancur akibat serangan udara pada tahun 1943 pada masa Perang Dunia Kedua yang kini hanya tersisa menaranya.

Sisa menara yang masih berdiri ini kemudian dijadikan sebagai monumen dan jam yang terpasang di menara masih berfungsi dengan baik untuk menunjukkan waktu.

Pada tahun 1959 dan 1963, sebuah bangunan baru gereja dibangun di sampingnya untuk digunakan sebagai tempat ibadah hingga sekarang.

Altar gereja yang baru dirancang oleh arsitek Egon Eirmann, yang memenangkan sayembara desain di tahun 1956.

Bangunan ini menjadi salah satu tengara kebanggan (dulunya) Berlin Barat, yang berada di area prestisius Kurfürstendamm.

Halaman di sekitar gereja menjadi salah satu area pasar natal yang digelar setiap tahun, dan termasuk salah satu pasar natal yang boleh dibuka dengan aturan ketat saat Pandemi Covid-19 lalu.

Pada 19 Desember 2016, terjadi serangan ke pasar natal ini, di mana penyerang menabrakkan truk ke kerumunan di pasar natal, yang menewaskan 12 orang dan 56 terluka.

Sejak saat itu, di sekitar halaman gereja dipasang pagar beton besar untuk mencegah peristiwa nahas itu terjadi dan dibangun monumen untuk mengenang korban serangan tersebut.

22 Feb 2021 52.505,13.337
Kepada Fanny Fristhika Nila di Jakarta Timur,

Halo Mbak Fanny!

Ada satu komentar darimu di blogku yang bertanya tentang "Gereja Buntung", membuatku menebak bahwa gereja ini lah yang dirimu maksud.

Memang kalo dari ciri-cirinya, satu-satunya gereja buntung ya memang gereja ini.

Orang Berlin ada juga yang memberi julukan der hohle Zahn atau "si gigi bolong".

Kalo natal, halaman gereja in sangat ramai karena ada pasar natal dan orang berbelanja hadiah untuk kado natal karena di sekeliling area ini adalah pusat perbelanjaan!

Jadi, kapan ke Berlin lagi?

15 Mar 2021 12 Apr 2021 (28 hari)

Prangko Flockenblume

Prangko bergambar Flockenblume (Centaurea dealbata) ini diterbitkan pada 1 Juli 2019 ini dirancang oleh desainer Stefan Klein dan Olaf Neumann yang berasal dari Iserlohn.

Bunga sejenis aster ini tumbuh di alam liar terutama di padang rumput dan lereng berbatu hingga ketinggian 2.400 meter.

Orang Eropa menyukai kecantikan bunga ini, dan kadang bunga ini ditanam di pot atau di pekarangan rumah.

Tanggapan

Mas zam, ya ampuuun kereeeen ya sistem postcard di sana. Sampe ada penjelasan detiiiiiiil beginiii ❤️. Aku suka nih jd bisa tahu sejarah dr gambarnyaaa.

Semoga laaah aku bisa ke Jerman lagi, ngajakin anak2 supaya mereka tahu dulu papanya besar dan sekolah dimana :D. Walopun di Bonn, tapi pasti aku mampir juga ke Berlin, secara sepupu suamiku di sana. Semoga bisa ketemuan lah kita yaaa :D.

Fanny Fristhika Nila — Jakarta Timur 1 Aug 2021